AKADEMI FARMASI NASIONAL SURAKARTA

Bertumbuh, Berkembang, Berkualitas Unggul

Sejarah Berdirinya AKADEMI FARMASI NASIONAL

Yayasan Pendidikan Farmasi Nasional didirikan oleh sekelompok anggota masyarakat Surakarta pada tanggal 14 Juli 1957 yang diketuai oleh dr. Slamet Prawironoto (alm). Pada awal mulanya yayasan ini mendirikan Sekolah Asisten Apoteker (SAA) Nasional, yang saat ini dikenal sebagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Farmasi Nasional. Untuk lebih meningkatkan peranannya dalam mencetak tenaga kesehatan bagi megara, maka pada tanggal 3 Juli 1976 Yayasan Pendidikan Farmasi Nasional mendirikan Sekolah Pengatur Analis (SPA) Nasional yang saat ini dikenal sebagai SMK Analis Kesehatan Nasional. Pada tahun 1997, yayasan kembali mengambil peran dalam mendidik dan menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dengan mendirikan Akademi Analis Kesehatan (AAK) Nasional.

Terpanggil untuk mencerdaskan bangsa, dengan menyiapkan sumber daya manusia berkualitas unggul untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kesehatan tingkat “middle manager” di bidang farmasi yang dirasa masih kurang, maka atas rekomendasi dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia melalui Pusatt Pendidikan Tenaga Kesehatan Republik Indonesia No. HK.00.06.1.3.04, Akademi Farmasi (AKFAR) Nasional didirikan pada tanggal 11 Agustus 2004 sebagai institusi pendidikan keempat yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Farmasi Nasional.

AKFAR Nasional menjadi salah satu Perguruan Tinggi profesional yang menyelenggarakan Program Pendidikan D-III Farmasi di bawah pembinaan Departemen Pendidikan Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 120/D/O/2004 dengan Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi pada tanggal 29 Agustus 2006 dengan No. 3171/D/T/2006 dan pada tanggal 8 April 2009 dengan No. 1857/D/T/K-VI/2009.

Berdirinya AKFAR Nasional dapat mengantisipasi konsep pendidikan “link and match”, yaitu memberikan pengetahuan dan ketrampilan yang langsung berkaitan dengan institusi pengguna lulusan (stakeholders).

Kampus AKFAR Nasional berlokasi di Jl. Yos Sudarso 338 Surakarta. Pada tahun 2005, yayasan melakukan pengembangan dengan membuat gedung baru berlantai empat yang berlokasi di samping kampus lama. Awal tahun 2006, AKFAR Nasional telah menempati gedung baru berlantai empat tersebut, yang memadai dan representatif untuk penyelenggaraan kegiatan akademik.